Apa Itu Asuransi: Simak 3 Unsur di Dalamnya

Banyak orang menganggap asuransi memiliki konotasi negatif. Oleh karena itu, memahami apa itu asuransi wajib dilakukan. Ada banyak jenis dan produk asuransi yang ditawarkan.

Apa Itu Asuransi?

Mari simak apa itu asuransi sebagai bentuk perjanjian antara kedua belah pihak. Pihak tertanggung akan membayar iuran sesuai kesepakatan. Sedangkan penanggung akan mendapatkan bentuk ganti rugi atas risiko finansial yang bisa saja terjadi secara tidak terduga.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 40 tahun 2014 menjelaskan bahwa asuransi merupakan perjanjian perusahaan asuransi dan pemegang polis. Dalam perjanjian tersebut, ada imbalan dari perusahaan asuransi untuk:

  • Memberikan penggantian kepada tertanggung akibat dari kerugian, kerusakan yang timbul. Kewajiban tersebut timbul akibat dari peristiwa yang tidak pasti.
  • Termasuk dalam hal memberikan pembayaran karena meninggalnya tertanggung.

Sedangkan dalam KBBI, mengartikan asuransi sebagai pertanggungan antara dua belah pihak. Pihak satu berkewajiban membayar iuran, sedangkan pihak lainnya memberikan jaminan sepenuhnya.

Unsur Dalam Asuransi

Untuk memahami asuransi secara mendalam, ada 3 unsur yang melekat di dalamnya, yaitu:

Premi Asuransi

Unsur pertama, yaitu premi yang memiliki pengertian biaya yang harus dibayarkan oleh setiap nasabah dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran premi bisa secara bulanan, semesteran sampai tahunan.

Polis Asuransi

Sedangkan polis asuransi merupakan dokumen sah yang berisi perjanjian asuransi. Ada nilai manfaat, besaran premi, serta risiko yang ditanggung. Selain itu, terdapat pengecualian dari risiko yang tidak ditanggung.

Polis asuransi sifatnya legal dan mengikat secara hukum. Apabila salah satu pihak menyalahi aturan polis, maka pihak lainnya bisa menghentikan kerjasama.

Klaim Asuransi

Sedangkan klaim asuransi merupakan proses pengajuan resmi kepada pihak perusahaan ketika nasabah mengalami risiko yang ditanggung dalam polis. Misalnya saja klaim asuransi mobil all risk.

Jika klaim sesuai dengan ketentuan dalam polis, maka perusahaan asuransi bisa memberikan sejumlah uang. Hal tersebut sebagai ganti rugi atas risiko finansial yang dialami nasabah asuransi.

Apa itu asuransi harus Anda pahami secara mendalam. Sehingga nantinya tidak salah saat memilih karena ada berbagai jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *